ILMU KOMPUTER | TIPS MEMAHAMI KOMPUTER



ILMU KOMPUTER | TIPS MEMAHAMI KOMPUTER



Hallo sobat techno ! 🙆
Apa kabar ?
Sehat ?
Mantan gimana ?
ahahaha , okeh cukup !
Keren ya tittle nya , ” TIPS MEMAHAMI KOMPUTER “
lalu , apa itu KOMPUTER ? Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang di fungsikan untuk mengolah suatu data melalui prosedur yang di tentukan.
Penting ? 
garis bawahi sobat.



Terus apa sih Tips nya supaya kita bisa memahami komputer ? yah minimal tahu lah cara Turn ON / OFF , Instal software  , Koneksi Internet , dll.

Disini global-technet akan bagikan sedikit tips bagi sobat – sobat techno yang setia menemani saya sampai di akhirat nanti.
hahahaha OK CUKUP !

Tips – Tips Memahami Komputer

Harus memiliki perangkat komputer / pernah pegang komputer

Tentunya yang satu ini cukup penting , sekarang kalau sobat techno ga punya atau bahkan belum pernah pegang komputer sama sekali , gimana bakalan bisa paham komputer ?
minimal tahu lah bentuk komputer itu seperti apa ,

bagi yang ga punya komputer , silahkan untuk pergi ke warnet atau pinjam ke temen / sodara nya , asal jangan pinjam istri tetangga ya . 

Menurut cara kerjanya , komputer di bagi jadi beberapa bagian

↣ Personal Computer ( PC )
Sesuai dengan namanya , PC adalah suatu perangkat komputer yang dimiliki oleh satu orang atau secara pribadi . Banyak orang salah kaprah , mereka lagi di warnet, dan bilang kalau mereka lagi ON di PC atau lagi maen game di PC , Sekarang kita rubah mindset nya sobat , jadi PC itu komputer pribadi !.
Titik , udah ga bisa di rubah , lalu komputer yang di warnet dan tempat lainnya itu apa ? tenang , kita akan bahas . Bukan global-technet kalau pelit pembahasan.

↣ Komputer Dekstop
Komputer dekstop adalah suatu komputer yang di rancang khusus untuk tidak di pindah – pindahkan ,  seperti deletakan di atas meja kerja , warnet dll.
nah ini sobat , apa perbedaan PC dengan Komputer Dekstop ,
jadi kalau kalian lagi d warnet / di tempat kerja yang intinya bukan komputer milik pribadi / komputer yang dipakai siapa saja dalam artian public , ini di sebut Komputer Dekstop bukan PC ya sobat.

↣ Laptop
Nah yang satu ini saya rasa udah cukup pada tahu ya , tapi pada zaman dulu Laptop dan Notebook di bedakan dalam suatu ukuran , biasanya Notebook size nya lebih kecil , akan tetapi sekarang udah ga gitu sobat , Laptop dan Notebook mengacu ke maksud yang sama , yaitu komputer portable ( bisa di bawa kemana – mana ) yang bagiannya terdiri dari monitor , keyboard , mouse , speaker , motherboard , CPU , Ram , HDD dll yang bahkan spek nya atau kemampuannya bisa melebihi komputer dekstop.

↣ Komputer Workstation

↣ Komputer Server

↣ Komputer Mainframe

↣ Wearable Computer

Oke , untuk ke empat jenis komputer di atas , akan kita bahas satu persatu di lain waktu , dengan jenis – jenis komputer di atas , apakah kalian ada ketertarikan untuk rakit / beli PC / laptop ?
Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam perakitan / pembelian PC / Laptop , mulai dari jenis procie / processor nya , RAM , VGA dll
Silahkan kalian baca di artikel berikut :


Harus Punya HOBBI / Passion

Tentunya agar kalian dapat memahami suatu komputer itu sendiri , kalian harus memiliki sebuah passion / atau hobi ketertarikan atau apalah itu , jadi buat apa kalian memahami komputer kalau kalian sendiri cuek atau ga ada ketertarikan tersendiri , jadi pahamilah sesuatu dengan passion .


Keingintahuan yang tinggi

Kalian dapat lebih memahami komputer jika kalian lebih ingin tahu apa isi dalam komputer , maksud ? oke contoh nya gini ,
Jika kalian memiliki masalah dalam sebuah komputer , misalkan kalian ada tugas sekolah yang mengharuskan pengerjaannya menggunakan sebuah software / aplikasi , oke kita contohkan adobe photoshop , sedangkan di PC / Laptop kalian tidak memilik software tersebut , bagi orang yang enggan memahami komputer , dia akan pergi ke service center / service komputer . abang tukang servis , dll untuk instal Adobe Photoshop , tapi bagi yang ingin tahu dan ingin memahami komputer , dia akan search / cari informasi entah itu lewat teman yang mengerti komputer / google.
Bisa dipahami ?
oke lanjut …..


MASUK SEKOLAH JURUSAN KOMPUTER / LES PRIVAT

Nah yang satu ini tidak perlu di jelaskan lagi kan ? kalian pasti sudah tahu lah apa maksud di atas , tapi ada suatu hal yang ingin saya sampaikan kepada sobat techno , kalau saya lebihy respect terhadap orang yang masuk sekolah tersebut dengan jurusan komputer / teknik / ikip dll dengan passion , dari pada yang masuk jurusan tersebut karena iming – iming  setelah lulus bakalan dapet kerjaan yang enak , banyak di butuhkan dimana dll. Oke lah itu penting , tapi bagi saya , itu nomer terakhir , kenapa ?
kitas masuk aja belom udah mikirin lulus nanti gimana , hadeuhh…


Oke sobat techno , mungkin sampe disini saja pembahasan hari ini , 
untuk sobat – sobat techno yang ingin menambahkan tips tips nya , silahkan ketik di kolom komentar , disini bebas berpendapat .
Mohon maaf jika ada kata” dari saya yang kurang mengenakan .
Terimakasih.

Salam Techno !





Tags: